Siswa/i MAN 3 Mandailing Natal Antusias Ikuti Sosialisasi Perda No. 1 Tahun 2019

MAN 3 Mandailing Natal – Anggota DPRD Sumut melaksanakan Sosialisasi Peraturan Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sosper Perda) No.1 Tahun 2019 tentang Fasilitasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya, pada Jum’at (01/10/2021) di MAN 3 Mandailing Natal. Peserta sosialisasi ini adalah perwakilan peserta didik dari setiap kelas.

Kepala MAN 3 Mandailing Natal Bapak Drs. H. Saparuddin, MA dalam sambutannya mengatakan sangat antusias menyambut sosialisasi Perda Sumut tersebut dan merupakan suatu motivasi untuk menjadikan MAN 3 Mandailing Natal lebih baik lagi kedepannya.

Menurut Bapak H. Fahrizal Effendi Nasution, S.H selaku anggota DPRD Sumut, Peraturan Daerah ini dimaksudkan untuk menjadi dasar kebijakan daerah dalam mencegah, melindungi dan menyelamatkan masyarakat terutama kalangan pelajar Sumatera Utara dari penyalahgunaan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif Lainnya serta memberikan layanan kepada pecandu, penyalahguna dan korban penyalahgunaan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif Lainnya.
Ia menyampaikan kepada peserta didik MAN 3 Mandailing Natal agar menjauhi segala perilaku buruk seperti pacaran dan narkotika, juga memberi motivasi untuk melanjutkan pendidikannya kejenjang yang lebih tinggi.

“Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif Lainnya (NAPZA) di satu sisi merupakan bahan yang bermanfaat dalam pelayanan kesehatan dan pengembangan ilmu pengetahuan, namun di sisi lain dapat menimbulkan ketergantungan yang sangat merugikan apabila digunakan tanpa pengendalian dan pengawasan yang ketat,” ujarnya.

Oleh karena itu peran sekolah sangat dominan dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya, antara lain, memberi pendidikan keagamaan, meningkatkan komunikasi dengan anggota keluarga, khususnya dengan anak, melakukan pendampingan kepada anggota keluarga agar mempunyai kekuatan mental dan keberanian untuk menolak penyalahgunaan NAPZA.

Peserta didik MAN 3 Mandailing Natal sangat antusias mengikuti sosialisasi ini, mereka sangat senang, selain mendapatkan ilmu mereka juga mendapatkan souvenir berupa tas. Acara ini berlangsung tertib dan lancar dengan mengedepankan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19.