45 Siswa MAN 3 Mandailing Natal Ikut Serta dalam Olimpiade Sains Tingkat Kabupaten Tahun 2022

Sebanyak 45 Siswa yang terdiri dari kelas 10 dan 11 MAN 3 Mandailing Natal mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tahun 2022. Ajang bergengsi ini diselenggarakan selama 2 hari berturut, dimulai dari hari ini, Selasa (24/05/2022) hingga Esok hari.

Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi menggelar OSN 2022 secara daring (moda online) melalui tingkat Kabupaten kemudian nantinya ke Provinsi. Tentunya kegiatan ini dilakukan untuk mencari dan menjadikan bibit-bibit yang unggul dalam mengelola dan mengembangkan Sumber Daya Alam di muka bumi ini melalui ilmu sains.

Di tingkat Madrasah Aliyah/ Sekolah Menengah Atas, bidang yang dilombakan meliputi Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Informatika/Komputer, Astronomi, Ekonomi, Kebumian dan Geografi dengan masing-masing peserta 5 orang tiap bidangnya. Dalam proses pelaksanaannya hari ini, peserta OSN diuji selama 3 jam dimulai dari pukul 08.00 hingga pukul 11.00 dengan bidang Fisika, Biologi, Ekonomi, Geografi. Dan untuk esok harinya bidang yang diujikan Matematika, Informatika, Astronomi, Kebumian, dan Kimia.

Tentunya, berbagai persiapan sudah dilakukan dengan matang oleh peserta OSN dan juga guru pembimbing dengan latihan membahas soal dan menggali pembaharuan (informasi) terbaru sebagai modal dan pembekalan dalam mengikuti OSN ini. Seperti halnya mengikuti Simulasi Uji Coba pada 17-19 Mei lalu yang dilakukan di Lab. Komputer MAN 3 Mandailing Natal. Maka dari itu, Kepala MAN 3 Mandailing Natal, Drs. H. Saparuddin, M.A. menyampaikan apresiasinya kepada para Peserta lomba dan Guru Pembimbing. Beliau berharap agar para peserta tetap fokus dan optimis untuk mampu memenangkan dan menjadikan prestasi yang lebih tinggi lagi.

“Saya, atas nama pimpinan Madrasah mengucapkan selamat dan sukses kepada ananda yang sedang mengikuti OSN 2022 ini, semoga dengan pembekalan yang sudah ada dapat memberikan hasil yang terbaik dan menunjukkan suatu prestasi yang gemilang. Dan kepada guru pembimbing apresiasi setinggi-tingginya yang sudah sabar dalam mendidik anak-anak sekalian, semoga kedepannya menjadikan para pembimbing dan siswa semakin giat dan kreatif dalam mengikuti berbagai lomba-lomba lainnya,” paparnya.