MAN 3 Mandailing Natal Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H

Maulid Nabi atau Kelahiran Nabi Muhammad SAW selalu menjadi momentum peringatan pada tanggal 12 Rabiul Awal Kalender Hijriah. Peringatan Maulid Nabi yang jatuh pada tanggal 19 Oktober 2021 M ini, merupakan salah satu ikhtiar untuk menghadirkan kembali Rasulullah SAW di hadapan umat islam sebagai role model (suri tauladan) di kehidupan sehari-hari dalam beribadah, bermasyarakat, berbangsa maupun negara.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW juga dinilai sebagai sebuah pesan yang bertujuan untuk membangun dan menciptakan perdamaian antar sesama manusia. Tentunya begitu besar rasa sukacita umat islam untuk menyambut dan mempersiapkan berbagai ajang kegiatan untuk menyemarakkan dan memperingati momen Maulid Nabi ini.

Salah satunya adalah seperti yang dilakukan oleh Pengurus (Panitia) Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW MAN 3 Mandailing Natal, yang merayakannya dengan menggelar ajang Perlombaan Sarhil Qur’an untuk Peserta didik kelas X, XI, dan XII pada Sabtu, 19 Oktober 2021 lalu. Perlombaan Sahril Qur’an yang bertemakan Maulid Nabi Muhammad SAW ini memiliki ketentuan juknis dan teknis penilaian. Setiap peserta berhak memiliki 7 menit maksimum dalam menyampaikan dakwah, pembacaan ayat suci al-qur’an maupun hadist, dan saritilawahnya. Kemudian peserta wajib memperhatikan isi dakwah (kesesuaian judul), bacaan qur’an (makhroj, tajwid, fashohah maupun lagu qur’an).

Tidak hanya Perlombaan Sarhil Qur’an saja, untuk menyempurnakan Peringatan tersebut, Pengurus (Panitia) Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW MAN 3 Mandailing Natal juga menggelar acara besar untuk memeriahkan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H, Senin (21/10/2021). Ada banyak rentetan panduan acara, diantaranya dimulai dengan mengucap basmallah, pembacaan ayat suci Al-Qur’an, kemudian lantunan rawi/sholawat badar secara bersama-sama, pemberian penghargaan bagi pemenang perlombaan dan pemberian sertifikat bagi hafidz dan hafidzah juz 30 serta kata sambutan oleh Kepala MAN 3 Mandailing Natal, Bapak Drs. H. Saparuddin, M.A. Didalam amanatnya menyampaikan bahwa dimohonkan bagi peserta didik untuk tetap hikmat dan tertib dalam melaksanakan Peringatan Maulid Nabi ini, karena ini merupakan momentum penting sebagai generasi muda islam untuk seterusnya mensyiarkan dan berjuang dalam agama Allah SWT. Bila perlu nantinya peserta didik merangkum isi dakwah dari Al-Ustadz yang sudah berkenan hadir untuk mengisi acara ini.

Kemudian, juga tak kalah meriahnya seperti perlombaan kemarin, acara ini juga seru dan heboh sambil belajar mendalami perjuangan tokoh idola pengemuka agama islam, yang dipandu oleh narasumber kondang yaitu Al-Ustadz Fahri Lubis dari Kecamatan Sipolu-polu, Kabupaten Mandailing Natal. Dalam ceramahnya beliau menyampaikan mengenai sejarah perjalanan Nabi Muhammad SAW dalam syiar agama, menebar kebaikan serta tindak perilaku yang patut dicontoh dalam kehidupan sehari-hari sebagai suri tauladan umat muslim. Ia juga menegaskan dalam pesannya agar Peserta Didik MAN 3 Mandailing Natal supaya mampu menjadi Generasi Gemar Melantunkan Ayat Suci Al-qur’an, Generasi Pecinta Al-qur’an, dan Generasi Hafidz dan Hafidzah terbaik Mandailing Natal untuk Indonesia.

Akhir acara, ditutup dengan berdoa bersama untuk mendapat rahmat dan berkah dari pelaksanaan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dipandu oleh Al-Ustadz itu sendiri.
Acara ini juga tetap mematuhi protokol kesehatan.