MTQ ke-XXI Kabupaten Mandailing Natal, MAN 3 Mandailing Natal Jadi Tuan Rumah untuk Cabang Syarhil dan Khotil Qur’an

Kegiatan lomba Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Pelajar dan Umum Kabupaten Mandailing Natal merupakan kegiatan rutin tahunan Pemerintah Daerah Tahun 2022 ini, Kecamatan Siabu dipercaya menjadi tuan rumah hajat besar tersebut. Pihak kecamatan Siabu meminta MAN 3 Mandailing Natal menjadi tempat digelarnya hajatan MTQ tingkat Kabupaten Mandailing Natal 2022 untuk cabang Syarhil dan Khotil Qur’an, pada Sabtu (27/02).

Menurut Kepala KUA Kecamatan Siabu, Abdul Rohmat, pemilihan lokasi MTQ tahun 2022 di MAN 3 Mandailing Natal dikarenakan secara geografis, letak lokasinya di tengah-tengah wilayah Kecamatan Siabu dan memiliki ruangan cukup guna mendukung pelaksanaaan kegiatan MTQ ini khususnya cabang Khotil Qur’an. Untuk pembukaan MTQ ini akan dilakukan secara Indoor, Namun untuk pelaksanaan masing-masing cabang lomba, dilaksanakan di kelas yang sudah dipilih oleh pengelola Madrasah.

“Saya ucapkan terima kasih kepada MAN 3 Mandailing Natal yang telah bersedia menjadi tuan rumah pelaksanaan lomba. Selamat datang juga kepada semua peserta lomba. Selamat berlomba dengan sportif. Gunakan kesempatan lomba ini juga untuk saling mengenal dan membangun ukhuwah islamiyah”, sambut Rohmat.

“MTQ ini mempunyai manfaat banyak sekali, khususnya bagi generasi muda kita. Selain untuk melestarikan tradisi Qur’ani, dan membangun mental islami pada generasi muda kita, acara ini juga menjadi ajang silaturahmi dari berbagai kalangan anak muda di Kabupaten Mandailing Natal. Karena itu, saya minta dengan sungguh-sungguh agar panitia bekerja dengan maksimal, sehingga acara ini berlangsung dengan lancar dan sukses, dan membawa dampak positif bagi generasi muda sebagai penerus estafet pembangunan bangsa”, ajak Rohmat.

Tentunya merupakan suatu kebanggaan terbesar bagi Keluarga Besar MAN 3 Mandailing Natal sebagai Pihak Kedua dalam Penyelenggaaan MTQ ini untuk 2 Tangkai Lomba. Dalam wawancara, Kepala MAN 3 Mandailing Natal, Bapak Drs. H. Saparuddin, M.A mengucapkan ribuan terimakasih kepada Panitia Penyelenggara karena sudah mempercayai Madrasah ini sebagai Tuan Rumah Pelaksanaan 2 Tangkai Lomba, yaitu Syarhil dan Khotil Qur’an. Segala upaya akan dilakukan, demi mensukseskan dan memberikan hasil terbaik untuk berjalannya kegiatan ini. Terkhusus sarana ruang kelas yang layak yang akan dipergunakan nantinya.

Kegiatan MTQ tersebut telah dibuka secara resmi oleh Bupati Mandailing Natal (Madina) HM Jafar Sukhairi Nasution resmi membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-XXI tingkat Kabupaten Mandailing Natal Tahun 2022 di Lapangan Kantor Camat Siabu, Kecamatan Siabu, Kabupaten Mandailing Natal, Jum’at (25/2/22) Malam.

“Mengingat yang akan bertanding adalah duta-duta dari kabupaten/kota dan hadirnya seluruh kafilah dari 23 Kecamatan di Kabupaten Mandailing Natal, semoga akan memberi dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat”, ujar Pak Bupati.

“Dan untuk mencapai target tersebut, menurut Jafar Sukhairi berbagai persiapan harus dilakukan sebaik dan sedini mungkin. Karena Perlu diingat, kesuksesan yang kita kejar bukan hanya dari segi prestasi saja, tetapi dari segi penyelenggaraan juga harus kita wujudkan,” tegasnya.