Tingkatkan Pengamalan Ibadah di Madrasah, MAN 3 Laksanakan Sholat Dhuha Berjamaah

Madrasah Aliyah Negeri 3 Mandailing Natal laksanakan solat Dhuha berjamaah di Lapangan MAN 3 Mandailing Natal pada Senin (18/07) di Lapangan MAN 3 Mandailing Natal yang diikuti oleh seluruh Peserta Didik dan Bapak/Ibu Guru serta Staf Tata Usaha. Kegiatan Sholat Dhuha berjamaah ini merupakan kegiatan perdana yang dilaksanakan oleh MAN 3 Mandailing Natal pada tahun ajaran baru 2022/2023 sebagai wujud program baru untuk tahun ajaran baru ini.

Pelaksanaan shalat Dhuha ini dimulai pada pukul 07.15 WIB. Seluruh siswa siswi dan guru datang minimal 10 menit sebelum shalat dimulai, diusahakan berwudhu dari rumah dan siswa siswi membawa peralatan shalat dari rumah masing-masing. Dimana, seusai sholat Dhuha di lanjutkan dengan membaca Ayat Suci Al-Qur’an di ruang kelas masing-masing sebelum pelajaran dimulai.

Disampaikan oleh WKM Kesiswaan Ibu Yunny Fitrahayu, S.Pd bahwa tahun ajaran sebelumnya setiap hari siswa siswi MAN 3 Mandailing Natal melaksanakan Shalat Dhuha secara bergantian dari Kelas X, XI dan XII. Akan tetapi, khusus pada hari Jumat diikuti oleh seluruh siswa. Hal ini sebagai salah satu Program pembiasaan di MAN 3 Mandailing Natal. Namun, adanya peningkatan pengamalan keagamaan untuk tahun ajaran baru ini, sholat Dhuha dilaksanakan setiap hari.

Pembina Keagamaan Bapak Ahmad Turmidzi, S.Ag mengatakan program tersebut mulai dilaksanakan sejak awal tahun ajaran baru, sebagai langkah untuk memberikan pendidikan rohani dan mengajarkan kebiasaan baik bagi siswa-siswi madrasah. Pelaksanaan sholat Dhuha tersebut nantinya akan rutin dilaksanakan setiap pagi, tepatnya sebelum melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan jadwal yang telah ditentukan.

Kepala Madrasah Drs. H. Saparuddin, M.A berharap kegiatan tersebut dapat dilaksanakan secara berkelanjutan. “Semoga kegiatan ini dapat terus dilaksanakan agar lebih meningkatkan keimanan warga madrasah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT,” katanya

Program tersebut diharapkan bisa memberikan bekal, pondasi dan kebiasaan yang baik bagi siswa sehingga dapat bermanfaat bagi diri sendiri serta masyarakat. “Program shalat Dhuha berjamaah salah satu bentuk pembelajaran untuk membiasakan siswa melaksanakan ibadah sunnah,” pungkasnya.